"SELAMAT DATANG DI BLOG SUTRIMO PURNOMO"

account ymail

Rabu, 24 Maret 2010

Tahukah anta? Sampah bisa jadi listrik!

Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

// August 1st, 2007

Hingar-bingar PLTSa di Bandung sudah dingin lagi sepertinya. Untuk saya sendiri masih meninggalkan beberapa pertanyaan yang tersisa. Salah satunya adalah teknologi seperti apa yang akan digunakan. Hal tersebut mestinya sudah dibahas di Studi Kelayakan yang sudah dilakukan. Di berbagai publikasi baik koran, televisi maupun radio saya belum pernah membaca, melihat atau mendengar tentang hal tersebut, mungkin terlewat. Dari hasil googling pun ([1],[2],[3]) tidak didapatkan pernyataan yang eksplisit. Pertama kali yang terlintas dalam pikiran saya dan yang secara implisit dikemukakan dalam banyak tulisan tersebut adalah sampah (apapun isinya) dibakar dan diambil panasnya untuk dikonversi menjadi listrik. Konversinya bisa saja dengan menguapkan air dan uapnya digunakan untuk memutar turbin yang pada gilirannya akan memutar generator listrik untuk menghasilkan listrik, atau dengan cara lain (?).
Proses pembakaran sampah ini yang banyak diprotes karena menghasilkan polusi sampingan yang bisa saja beracun tergantung pada jenis sampah yang dibakar. Keberatan lain adalah hasil sampingan yang dihasilkan oleh sampah sebelum sampah menunggu gilirannya dibakar, seperti misalnya air lindu.
Terlepas dari pro dan kontra bagaimanapun problema sampah harus diatasi dan solusi energi yang renewable juga semakin dibutuhkan. Solusi PLTSa masih tetap bagus menurut saya, hanya teknologinya yang harus dicari yang lebih cocok.
Salah satu solusinya adalah pemakaian
biogas microturbine. Cara kerjanyaseperti mesin turbojet pada pesawat terbang hanya mempunyai skala yang lebih kecil. Udara dimampatkan oleh suatu kompresor kemudian dicampur dengan bahan bakar kemudian di bakar sehingga mengalami ekspansi. Gas yang berekspansi ini tekanannya digunakan untuk memutar turbin yang berikutnya akan memutar generator listrik. Dalam biogas microturbine ini bahan bakar yang digunakan adalah biogas yang dihasilkan oleh sampah. Hanya sampah yang digunakan disini harus sudah dipilih hanya sampah yang biodegradeable.
Instalasi biogas microturbine ini sudah banyak dipasang di eropa. Daya yang dihasilkan bisa mencapai 60kW bergantung kepada ukuran reaktor biogas, ukuran microturbine dan pasokan sumber biogas.
Dengan skala kecil seperti ini maka PLTSa tidak perlu besar-besaran lagi tapi bisa di instalasi di setiap kecamatan/kelurahan atau didekat pembuangan sampah sementara. Yang diperlukan mungkin kemudahan investasi dan kemudahan penjualan listrik kembali.
Referensi tambahan :
-
MICROTURBINES AND THEIR APPLICATION
IN BIO-ENERGY

Free Image Hosting at allyoucanupload.com

kontak : sugeng at elkafi dot or03 - 2006, Sueng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar